Bagaimana Bantengan Nuswantara Selanjutnya?

kirab-5

Sebagai gerakan yang menggalang kebersamaan lebih dari 100 grup seni Bantengan, Penggiat Budaya berfikir keras bagaimana seharusnya gelar Int’l Trance Carnival Bantengan Nuswantara dapat terus kami selenggarakan dengan sukses.

Seperti halnya tagline gerakan kami : Sinergis – Konsisten – Kebersamaan Mutual, kami selalu membuka kerjasama dengan komunitas lintas interes dalam satu isu yang kami tawarkan yakni mengkreasi seni tradisi secara multi lintas media. Harapannya, dari sinilah Bantengan semakin dikenal dan menjaga orisinalitas karakternya. Berikut langkah-langkah yang akan kami laksanakan, yaitu :

  1. Konsep acara Karnaval sepanjang 3 km kami ubah dalam format Arts Festival (Non-competition). Yakni menggelar pertunjukan seni Bantengan kolosal pada waktu malam hari bertempat di satu lokasi stadion. Dengan tata kreasi tari, panggung, musik, lighting dan souns system yang spektakuler.
  2. Produksi Kaos Bantengan, dengan memanfaatkan publikasi secara berjejaring dan media sosial (web, fb, twitter). Beberapa grup seni bantengan telah memulai memproduksi kaos bantengan dan beberapa souvenir untuk mengisi kas komunitasnya. Penggiat Budaya, sebagai pemilik desain logo Bantengan Nuswantara telah memiliki 6 variasi desain yang akan kami aplikasikan dalam media kaos.
  3. Buku Dokumenter Bantengan Nuswantara, berisi jurnal laporan review acara dan foto dokumentasi. Mengajak partisipasi para penulis dan fotografi untuk menyusun buku ini.

Kami juga merencanakan tur pameran ratusan foto dan pemutaran 10 film dokumenter Bantengan, di Jakarta lalu kemudian harapan kami bisa terdistribusi sampai ke seluruh Nusantara.

Tinggalkan komentar